Usaha Laundry dan Program Laundry

Saat ini usaha laundry sangat berkembang diberbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya di kota-kota besar tetapi di pelosok pun telah tumbuh berbagai macam jenis usaha laundry. Usaha laundry yang sangat pesat pertumbuhannya adalah usaha Laundry Kiloan. Seiring maraknya laundry kiloan, jasa usaha Laundry COIN pun semakin banyak dan ramai khususnya di apartemen-apartemen. Baik laundry kiloan, Laundry Karpet maupun satuan (Dry Cleaning dan Wet Cleaning) serta laundry coin. Usaha laundry merupakan usaha yang memerlukan ketelitian dan kejelian dalam pengelolaannya.  Resiko hilangnya barang atau kerusakan barang tidak mustahil terjadi pada usaha laundry jenis apapun.

Oleh karena itu, jika usaha laundry ditangani dengan cara konvensional maka akan sangat memakan waktu dan rumit. Disinilah peran teknologi informasi dalam membantu pengelola usaha laundry.

Pengelola laundry yang memahami bahwa mengelola secara manual akan sangat menyita waktu tentunya mewajibkan bagi tokonya untuk menggunakan komputer yang dilengkapi dengan program laundry.  Terdapat banyak software laundry (program laundry) dipasaran sehingga diperlukan kejelian bagi pengelola laundry untuk menentukan apliasi mana yang cocok.

Berikut adalah yang perlu anda pertimbangkan sebelum menentukan untuk membeli program laundry.

1.       Kesiapan sumber daya manusia (Karyawan)

Pastikan setidaknya karyawan dapat menggunakan komputer, tidak perlu tingkat mahir, cukup tingkat dasar. Setidaknya mengerti bagaimana mengetik keyborad, menggunakan mouse, menghidupkan dan mematikan komputer secara benar.

2.       Spesifikasi perangkat komputer dan printer yang diperlukan

Pastikan software yang akan anda gunakan mendukung perangkat keras yang fleksibel dan juga jenis printer yang sesuai.  Pada umumnya program kasir menggunakan printer jenis dot-matrix atau mini(pos) printer. Jenis printer ini selain mendukung kertasa rangkap (2ply, 3ply) juga lebih hemat dalam biaya opersional.  Kelemahannya pencetakan grafik (logo) kurang bagus. Alternatif lain dapat menggunakan printer kasir thermal, ukuran kertas roll 75 s/d 80 mm sudah mencukupi. Berbeda dengan dot matrix, pencetak thermal dapat menampilkan grafik secara baik. kelemahannya untu cetakan lebih dari satu harus mencetak ber-ulang-ulang salain itu, kertas thermal lama kelamaan akan hilang.

3.       Software yang fleksibel dan mudah digunakan

Carilah software yang dapat diatur dengan mudah, dapat menentukan berbagi jenis layanan jasa dengan mudah, karena jika usaha laundry anda berkembang tentunya anda tidak perlu membeli software laundry lagi, cukup menyesuaikan pengaturan item jasa, atau pengaturan program laundry.

Jika anda melayani laundry kiloan, maka diperlukan database chekclist atau rincian laundry, pastikan program laundry yang anda pilih memiliki kemampuan mencatat dan mencetak checklist dengan fleksibel.

Software yang user friendly, pastikan kasir dapat dengan mudah melilih jasa laundry, mencari pelanggan, mendeteksi saldo deposit, saldo member paket dengan mudah .

4.       Software memiliki kemampuan merekam video dan foto (gambar)

Usaha laundry adalah usaha dimana pelaku usaha pada posisi yang paling mudah disalahkan, biasanya kesulitan dialami oleh laundry saat adanya keluhan pelanggan, jumlah baju yang tidak benar, tertukar, dan lainnya oleh karena itu dengan bantuan rekaman video dan foto maka akan memudahkan melacak ke baik kondisi laundry, jumlah hitungan dll.

5.       Software dengan garansi dan sistem support

Semua software pasti memiliki bugs, yang terpenting untuk mengatasi ini adalah. Pastikan penyedia software memiliki komitmen untuk memperbaiki bugs atau error yang anda temukan dan memberikan update perbaikannya  secara gratis.

Fitur merekam video laundry dan foto

 

Posted in artikel, Uncategorised